Kamis, 05 Januari 2012

Jaring Laba Laba

Sejak dulu kala,jarring sutra laba laba telah digunakan untuk mengobati luka oleh petani petani konvensional. Bagian dalam jarring jarring sutra ini dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan. Rahasia ini dari sifat anti septic jarring laba laba ini terletak pada komposisinya yang terdiri atas protein.Selain itu ,jarring sutra nya juga memiliki kombinasi yang sangat baik antara kekuatan dan elastisitas sehingga menarik banyak peneliti untuk lebih jauh mengaplikasikan sebagai pembungkus ,container dan pakaian. Peneliti juga telah menemukan bagaimana kombinasi dari dua buah material yang berbeda pada skala nanodapat memberikan sifat mekanik yang lebih baik daripada material penyusunnya sendiri.

Bagaimanakah laba laba menghasilkan sutera

Tidak semua laba laba membuat jarring untuk menangkap mangsa , akan tetapi semuanya mampu menghasilkan benang sutera yaitu helaian serat protein yang tipis namun kuat dari kelenjar (disebut spinneret) yang terletak di bagian belakang tubuhnya.selama 450 tahun laba laba telah membuat sutera , protein berddasarkan material nano yang dibuatnya sendiri menjadi bentuk serat dan lembaran . serat sutera ini amat berguna untuk membantu pergerakan laba laba , berayun dari sattu tempat ke tempat yang lain, menjerat mangsa,membuat kantung telur, dan lain lainnya.

Mengapa sutera laba laba lebih kuat dan lebih elastic dari serat poliamide?

Jaring sutera laba laba terbuat dari material nanokomposit. Oleh karena itu material yang sangat kuat. Kekuatan dan elastisitas dari material ini berasal dari luas permukaan kontak yang besar antara matriks dan komponen penguat.sutera laba laba 20kali lebih kuat daripada baja dan 2 kali lebih lentur daripada serat poliamide .dapat diregangkan hingga 31% tanpa patah, lebih lentur dari serat aramid,lebih halus daripada rambut manusia dan lebih ringan daripada katun.material ini seperti sehelai pensil tebal yang dapat enghentikan pesawat boeing 747 seketika pada saat sedang terbang.sutera laba laba ini tersusun lebih 50% protein terpolimerisasi yang disebut fibroine dengan berat molekul antara 200.000- 300.000. jiaka diperhatikan sutera ini pada skala molekuler, maka dapat dilihat bahwa untaian protein ini tersusun dengan teratur pada arah tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar