Senin, 21 Februari 2011

Paruh burung toucan


Paruh burung toucan yang kuat menginspirasikan para ilmuan untuk mencari tahu mengapa paruh burung ni begitu kuat tetapi tetap ringan.

Hal ini lah yang ingin dicapai para ilmuan ,yaitu mendapatkan material yang kuat dan ringan sebagai bahan pembuatan body pesawat terbang dan mobil.

Paruh burung toucan yang kuat

-Burung toucan merupakan penghuni hutan hujan amazone. Burung ini mempunyi paruh yang kuat yang biasanya digunakan untuk mengumpulkan buah dari ranting ranting pohon. Paruhnya tebal dan pendek atau panjang dan tipis.para ilmuan menganalisa rahasia penyabab paruhnya yang bias sedemikian kuat dengan mikroskop electron untuk mengetahui rahasia kekuatan dari paruh burung toucan ini.

Dengan pemodelan computer para ilmuan mencari tahu mengapa paruh burung ini bias kuat tetapi tetap ringan .

MICROSKOPI PARUH BURUNG TOUCAN

Pada bagian luar paruh burung toucan tertutup oleh keratin berukuran nano,pada bagian dalam paruhnya tersusun atas busa padat yang berbentuk dari serat tulang berukuran nano.hal inilah yng membuat paruh burung toucan menjadi sangat kuat.karena paruhnya terdiri atas filter dan maktriks yang membentuk komposit.

Pembuatan body pesawat terbang dan mobilpun banyak terinspirasi oleh model paruh burung toucan ini yang kuat tetapi tetap ringan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar