Senin, 21 Februari 2011

Gurita


Gurita (octopus) Merupakan hewan tak yang memiliki tulang belakang (invertebrata).Dengan tubuhnya yang lentur ini gurita mampu menyusup melalui celah celah karang yang sempit walaupun dia mempunyai 8 kaki yang membuat tubuhnya menjadi besar.


Bagaimana gurita mampu mempertahankan diri dari serangan musuhnya??

Gurita mampu mengelabhi musuhnya dengan cara menyemburkan tinta sehingga menyembunyikan keberadaanya dan sulit diketahui oleh musuhnya.

Bagaimana gurita menghasilkan tinta ?

Gurita merupakan hewan yang cerdik di kalangan invertebrata.sebagian besar jenis gurita mempunyai kemampuan menyemburkan awan tinta sebagai upaya untuk mempertahankan diri dari musuhnya .tinta ini dihasilkan oleh melanin yang berukuran sangat kecil dalam skala nano.Melanin inilah yang memberikan warna hitam pada tinta seperti halnya melanin pada manusia yang member warna pada rambut dan kulit.gurita juga mempunyai kemampuan untuk mengubah warna kulitnya.gurita dapat berkamuflase dengan warna warna tertentu dikarenakan ia mempunyai sel kulit yang mengandung enzim yang dapat menyebabkan perubahan kulit sesuai dengan lingkungannya . Enzim ini berupa chromaophores yang berisi pigmen kuning ,orange,abu abu dan hitam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar